• Jam Buka Toko: 09.00 - 17.00 WIB | Minggu dan Hari Raya Libur
  • Status Order
  • Tlp: 081912125612
  • SMS/WA: 081912125612
  • BBM : 74614909
  • tokolibby@gmail.com
Terpopuler:

Baju Bayi Baru Lahir yang Nyaman

26 March 2017 - Kategori Blog

Setelah lahir bayi akan beradaptasi dengan lingkungan baru, sebaiknya orang tua harus membuat si bayi merasa nyaman. Bayi baru lahir memiliki kulit yang sangat sensitif sehingga perlu diperhatikan segala hal yang menyentuh kulitnya termasuk baju. Baju bayi baru lahir haruslah sesuai, terlebih bayi baru lahir banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Sebelum memilih atau membelinya, ada beberapa tips memilih baju untuk bayi yang baru lahir. Pelajari tipsnya agar Anda tidak salah memilih untuk memakaikan baju pada bayi Anda.

 Baju Bayi Baru Lahir yang Nyaman

Tips Memilih Baju Bayi Baru Lahir

Hal yang diutamakan bagi bayi adalah kenyamanan bukan penampilan, apalagi lingkungannya sangat baru baginya. Nyaman dan menjaga kesehatan kulitnya menjadi hal dasar yang perlu untuk diutamakan dalam memakaikan baju. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih, baju haruslah sesuai baik bahannya, modelnya dan ukuranya. Berikut penjelasan lebih lengkapnya sebagai tambahan informasi bagi Anda yang sedang mempersiapkan baju untuk bayi baru lahir.

  1. Bahan baju

Baju untuk bayi merah atau bayi yang baru lahir menjadi baju pertama yang membalut kulitnya setelah lahir. Kulit yang dimiliki bayi baru lahir sangatlah sensitif, sehingga baju bayi haruslah berbahan lembut yang tidak akan melukai kulitnya yang masih sangat tipis dan sensitif. Baju bayi baru lahir sebaiknya menggunakan bahan dari katun atau wol yang teksturnya lembut di kulit. Hindari pemakaian baju berbahan sintesis yang kasar karena dapat membuat kulit bayi mengalami iritasi. Bahan baju bayi juga harus yang hangat, ringan, dan mudah menyerap keringat sehingga tidak mengganggu kelembaban kulit bayi.

  1. Model baju

Bayi lebih cocok dipakaikan dengan baju yang modelnya sederhana. Terlalu banyak model dapat mengganggu kenyamanan dan ruang gerak si bayi. Model baju untuk bayi yang baru lahir sebaiknya yang mudah untuk dibuka dan dilepas. Model tersebut akan sangat membantu orang tua saat mengganti baju bayi. Pilihlah model baju yang panjang agar bayi tetap merasa hangat, terlebih hampir sebagian besar waktunya untuk tidur. Baju bayi baru lahir lengan panjang juga bermanfaat untuk melindungi kulit bayi dari gigitan nyamuk. Selain itu, baju yang panjang dapat melindungi kulit dari debu atau hal lain yang bisa membuat kulit bayi tidak nyaman. Baju yang panjang baik untuk menjaga kesehatan bayi karena menutup seluruh bagian tubuhnya kecuali wajah.

  1. Ukuran baju

Bayi yang baru lahir memiliki pertumbuhan badan yang sangat cepat dibandingkan dengan balita atau pun orang dewasa. Tubuh bayi cepat bertambah besar dan tinggi, oleh karena itu jangan memilih baju yang pas badan. Pilihlah baju bayi baru lahir yang memiliki ukuran baju yang longgar. Hal tersebut akan menjadikan baju bisa digunakan lebih lama karena tidak kesempitan. Ukuran baju yang longgar juga membantu bayi bergerak dan bernapas. Selain itu, baju yang longgar tidak akan terlalu menekan kulit bayi sehingga tidak akan melukainya. Sirkulasi udara yang baik pada baju yang longgar akan menghindarkan kulit bayi yang kepanasan. Kulit bayi yang panas akan menghasilkan keringat yang dapat membuat gatal.

Demikian informasi mengenai tips memilih baju untuk bayi yang baru lahir. Kenyamanan dan kesehatan adalah hal dasar untuk pemilihan baju bayi yang kulitnya sangat rentan iritasi. Anda dapat mempersiapkan baju bayi baru lahir yang sesuai sebelum kelahiran sehingga Anda akan merasa lebih tenang. Setelah bayi lahir, bayi dapat segera dibalut agar tetap terjaga kehangatannya.

BACA JUGA: Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir