• Jam Buka Toko: 09.00 - 17.00 WIB | Minggu dan Hari Raya Libur
  • Status Order
  • Tlp: 081912125612
  • SMS/WA: 081912125612
  • BBM : 74614909
  • tokolibby@gmail.com
Terpopuler:

Inilah 3 Vaksin Terbaru untuk 2017

03 January 2017 - Kategori Blog

Inilah 3 Vaksin Terbaru untuk 2017

Di tahun 2017 ini, akan ada tiga vaksin baru yang masuk dalam IDL (Imunisasi Dasar Lengkap) yang telah dikeluarkan oleh Kemenkes (Kementerian kesehatan RI). Sehingga dengan demikian, ada delapan vaksin yang perlu diberikan kepada anak Anda.

Tiga vaksin terbaru ini akan hadir secara bertahap, yaitu di Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat terlebih dahulu. Jika sudah berjalan dengan baik, maka pada tahun 2018 ketiga vaksin tersebut akan hadir di seluruh provinsi.

Tiga vaksin ini antara lain adalah:

  1. Pneumococcus
    Pneumococcus atau Streptococcus pneumoniae adalah bakteri yang menyebabkan penyakit radang paru (pneumonia), infeksi telinga, meningitis, sinus, dan infeksi saluran darah. Sangat wajar jika WHO merekomendasikan vaksin pencegah penyakit yang berbahaya ini.
  2. Rubella
    Anak yang terkena virus Rubella dapat memiliki gangguan kesehatan seperti tuli, buta, sampai kelainan jantung. Alangkah baiknya jika dilakukan pencegahan dengan imunisasi, ketimbang seumur hidup membiayai anak dengan kondisi seperti ini.
    Vaksin Rubella pada umumnya dikombinasikan dengan vaksin lainnya, seperti :
    – Rubella dengan vaksin pencegah campak (MR)
    – Rubella, vaksin pencegah campak, dan gondok (MMR)
    – Rubella, vaksin pencegah campak, gondok, dan varicella (MMRV)
    RCV biasanya diberikan kepada anak usia 12 – 15 bulan. Sedangkan MMR atau MR biasanya mengikuti jadwal setelah imunisasi campak.
  3. Human Papillomavirus (HPV)
    Sempat menjadi kontroversi di bulan November tahun kemarin, karena ada rumor yang beredar bahwa vaksin ini dapat menyebabkan menopause dini. Tapi para ibu tidak perlu khawatir, karena tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa HPV bisa menyebabkan menopause di usia muda.

Ketiga Vaksin baru tersebut akan melengkapi Imunisasi Dasar Lengkap (IDL), lima vaksin sebelumnya antara lain adalah :

  1. BCG Polio 1
    Untuk mencegah penularan Tuberculosis (TBC) dan polio, biasanya diberikan ketika bayi berusia sebulan.
  2. DPT-HB-Hib 1 Polio 2
    Diberikan untuk mencegah polio, difteri, batuk rejan, tetanus, hepatitis B, meningitis, dan pneumonia. Diberikan ketika bayi berumur dua bulan.
  3. DPT-HB-Hib 2 Polio 3
    Diberikan kepada bayi yang telah berusia tiga bulan untuk mencegah polio, difteri, batuk rejan, tetanus, hepatitis B, meningitis, dan pneumonia.
  4. DPT-HB-Hib 3 Polio 4
    Sama dengan pencegahan di nomor sebelumnya, vaksin diberikan kepada bayi yang berusia empat bulan.
  5. Campak
    Mencegah campak. Diberikan pada bayi berusia sembilan bulan.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk para orang tua. Pastikan untuk selalu memberikan perawatan dan melakukan imunisasi terhadap buah hati agar ia senantiasa sehat dan jauh dari berbagai risiko penyakit berbahaya.