• Jam Buka Toko: 09.00 - 17.00 WIB | Minggu dan Hari Raya Libur
  • Status Order
  • Tlp: 081912125612
  • SMS/WA: 081912125612
  • BBM : 74614909
  • tokolibby@gmail.com
Terpopuler:

Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari Selama Masa Kehamilan

15 January 2017 - Kategori Blog

Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari Selama Masa Kehamilan

Ketika tes kehamilan Anda menunjukkan hasil yang positif, bersiaplah untuk menghindari beberapa makanan atau minuman yang biasa Anda konsumsi setiap harinya. Pada masa kehamilan, ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil. Karena jika mengonsumsinya secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan si kecil. Berikut ini merupakan makanan dan minuman yang harus dihindari selama masa kehamilan.

  1. Ikan
    Mungkin Anda sudah mengetahui bahwa ikan memiliki kandungan merkuri yang banyak, dapat membahayakan sang bayi. Merkuri merupakan neurotoksin (racun yang menyerang sistem saraf) yang dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan otak bayi. Merkuri yang berasal dari polusi akan masuk ke dalam air dan diserap dalam rantai makanan. Berawal dari tanaman, ikan kecil hingga besar, Merkuri akan terakumulasi dalam rantai makanan. Ikan hiu, King mackerel, ikan cucut, tilefish dan tuna albacore termasuk ke dalam daftar ikan yang dilarang dikonsumsi karena mengandung merkuri yang tinggi. Anda tetap dapat mengonsumsi tuna, tapi pilihlah tuna kalengan yang tingkat kandungan merkurinya rendah. Batasi juga konsumsi tidak lebih dari dua kali dalam seminggu (tidak lebih dari 12 ons). Sering kali wanita hamil takut atau pantang untuk mengonsumsi ikan, padahal kandungan asam lemak omega 3 sangat dibutuhkan pada masa kehamilan. Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi ikan mentah atau setengah matang.
  2. Kafein
    Risiko keguguran dapat meningkat jika selama masa kehamilan Anda terlalu banyak mengonsumsi kafein setiap hari. Wanita yang mengonsumsi 200 miligram (setara dengan 2 gelas kopi atau 5 kaleng soda yang mengandung kafein) setiap harinya akan meningkatkan risiko keguguran dua kali lipat lebih tinggi dibanding yang tidak mengonsumsi minuman tersebut. Trimester pertama merupakan masa paling berisiko mengalami keguguran, sebaiknya Anda tidak meminumnya.
  3. Telur
    Telur merupakan sumber protein yang berkualitas tinggi dan mengandung banyak nutrisi penting. Tetapi telur bisa berbahaya bagi wanita hamil karena berisiko terkontaminasi bakteri Salmonella. Pilihlah telur yang tidak retak dan tidak kotor kulitnya. Beli telur yang disimpan di dalam lemari pendingin. Jangan mengonsumsi telur setengah matang atau mentah, es krim bukan buatan pabrik, dan jangan mencicipi kue yang belum matang.
  4. Alkohol
    Tidak ada tingkat aman untuk konsumsi alkohol pada masa kehamilan. Jika Anda meminum alkohol, bayi Anda juga akan meminumnya karena alkohol akan masuk dalam plasenta. Konsumsi minuman beralkohol terlalu sering atau berlebihan akan meningkatkan risiko menderita alcohol spectrum disorder. Anak yang dilahirkan akan kesulitan belajar, mengalami kelainan sistem saraf pusat dan kelainan fisik, serta memiliki masalah perilaku.